About Me

Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
Aku kuliahnya di UKSW Fakultas Teknologi dan Informatika, ngambil Progdi TI. Pengen tau lebih tentang saya... Kontak aja di Chris_tian91@ymail.com.. okok ;)

Selasa, 30 November 2010

Geografi kota Manado

Kota Manado terletak di antara:
1°. 30?         -  1[B1]°. 40?         Lintang Utara
124° 40?      -  126[B2].° 50?     Bujur Timur
Kota Manado berbatasan dengan:
  • Sebelah Utara dengan           :  Kec. Wori (Kab. Minahasa) dan Teluk Manado
  • Sebelah Timur dengan           :  Kec. Dimembe
  • Sebelah Selatan dengan         :  Kec. Pineleng
  • Sebelah Barat dengan            :  Teluk Manado / Laut Sulawesi
          Secara administratif Kota Manado terbgi kedalam sembilan wilayah kecamatan dan delapan puluh tujuh kelurahan/desa.  Kota Manado memiliki luas wilayah sebesar 157,26 km².
          Jarak Antara Kota Manado sebagai ibukota propinsi Sulawesi Utara dengan beberapa kota lainnya:
- Manado               -                  Airmadidi              15,00 kilometer
- Manado               -                  Bitung                    44,30 kilometer
- Manado               -                  Tomohon                21,60 kilometer
- Manado               -                  Tondano                 35,05 kilometer
- Manado               -                  Kotamobagu            183,72 kilometer
          Kota Manado memiliki topograpi tanah yang bervariasi untuk tiap kecamatan.  Secara keseluruhan, Kota Manado memiliki keadaan tanah yang berombak sebesar 37,95 persen dan dataran landai sebesar 40, 16 persen dari luas wilayah.  Sisanya dalam keadaan tanah berombak berbukit dan bergunung.
          Ketinggian dari permukaan laut pada tiap-tiap kecamatan di Kota Manado bervariasi.  Secara keseluruhan, sebesar 92,15 persen dari luas wilayah Kota Manado terletak pada ketinggian 0-240 dari permukaan laut.  Hal ini disebabkan berombak dan berbukit.
          Terdapat dua gunung di Kota Manado.  Keduanya terletak di Kelurahan Bunaken.  Gunung tertinggi bernama Manado Tua dengan ketinggian sekitar 655 meter dan Tumpa dengan ketinggian sekitar 610 meter.
Keadaan Iklim
          Sebagai daerah yang terletak di garis khatuliswa, maka Kota Manado hanya mengenal dua musim yaitu musim hujan dan kemarau.  Curah jujan di suatu tempat antara lain ditentukkan oleh keadaan iklim, keadaan orographi dan perputaran/pertemuan arus udara.  Oleh karena itu jumlah curah hujan beragam menurut bulan.  Berdasarkan pengamatan di Stasiun Meteorologi Manado, rata-rata curah hujan selama tahun 2007 berkisar antara 67 mm (bulan September) sampai 574 mm (bulan Januari).
          Suhu udara di suatu tempat antara lain oleh tinggi rendahnya tempat tersebut terhadap permukaan laut dan jaraknya dari pantai.  Pada thaun 2007, suhu udara rata-rata pada siang hari berkisar antara 31,6°C sampai 34,9°C, sedangkan suhu udara pada malam hari berkisar antara 19,1°C sampai 22,0°C.  Suhu udara maksimum terdapat pada bulan Oktober (34,9°C), sedangkan suhu udara minimum terdapat pada bulan September (19,1°C).  Kota Manado mempunyai kelembaban udara relative tinggi dengan rata-rata berkisar antara 71 persen pada bulan September sampai 86 persen pada bulan Januari-Februari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar